Kegiatan Unggulan LIPI - Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim pada Perairan Darat: Studi Kasus Ekosistem Perairan Situ dan Danau


Waktu pelaksanaan : 2-10 Mei dan 7-15 Mei 2017

Anggota tim : Dr Syahroma Husni, Dr Yustiawati, Ir. Sulastri, Dr. Iwan R, Ir. Fachmijany, Eko Harsono, M.Si., Ivana Yuniarti, M.Sc., Rahmi Dina, M.Si., Ira akhdiana, S.Pi., Hasan Fauzi

Sekilas profil danau

Danau Matano terletak di Sorowako, Sulawesi selatan. Danau ini terbentuk sekitar 2-4 juta tahun yang lalu, termasuk dalam danau purba yang menyusun komplek Danau Malili (Matano, Mahalona, dan Towuti). Luas danau sekitar 164 km 2 dan kedalaman mencapai 596 m.


Rincian Kegiatan

Pengukuran Kualitas Air Danau Matano

          

Aktifitas pengukuran kualitas air (Gambar kiri) dan pola arus (Gambar kanan). 

Kualitas air merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi Danau Matano. Pada penelitian 2017, dilakukan pengukuran kualitas air baik parameter fisika dan kimia yang dilakukan secara langsung. Pengukuran menggunakan alat Water Quality Checker (WQC) Horiba U-51. Pada beberapa lokasi juga dilakukan pengukuran kualitas air dan pola arus menggunakan CTD Ringko profiler ASTD 102.

    

Peralatan penelitian kualitas air (ADCP 1200 KHZ dan CTD 19 V2 Plus sebagai alat pengukur arus, kedalaman dan Karakter Massa Air ) dan pola arus.

 

 

Pengambilan sampel tumbuhan air.

 

  Audiensi dengan Instansi (Pemda) setempat.


Pertemuan dengan Para Narasumber.