Laboratorium Pengujian Pusat Penelitian Limnologi LIPI



Laboratorium Pengujian Pusat Penelitian Limnologi - LIPI adalah salah satu laboratorium kimia yang dimiliki oleh Pusat Penelitian Limnologi – LIPI. Laboratorium ini didirikan berdasarkan SK Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) NO.1421/ A/ DK/ 2014. Struktur organisasi Laboratorium Pengujian Pusat Penelitian Limnologi dan penunjukkan pejabat serta anggota personilnya berdasarkan keputusan Kepala Pusat Penelitian Limnologi - LIPI No. B-950/ IPK3/ HK.01.03/ VIII/ 2016.

Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan analisis yang cukup canggih seperti Spektrofotometer UV- VIS, timbangan digital dan Total Organic Carbon (TOC) Analyzer. Laboratorium dapat melayani analisis contoh air dari perairan darat seperti danau, sungai, situ dan air hujan dengan tenaga analis profesional dan peralatan yang terkalibrasi.  

Laboratorium Pengujian Pusat Penelitian Limnologi -  LIPI telah mendapatkan sertifikat akreditasi (No. LP-935-IDN) sejak tanggal 16 September 2015, karena telah menunjukkan kompetensinya sebagai Laboratorium Penguji, dengan menerapkan secara konsisten SNI ISO/IEC 17025:2008 (ISO/IEC 17025:2005) dengan parameter ruang lingkup yaitu parameter Nitrit (NO2-), Ammonium (NH4+), Ortho Phosphate (PO43-) dan pH. Laboratorium juga terus berupaya mendapatkan sertifikasi untuk parameter lainnya. Berdasarkan hasil kunjungan pengawasan (Surveilance 2) tanggal 26 – 27 Februari 2018, Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah memutuskan untuk mempertahankan status akreditasi Laboratorium Penguji kepada Laboratorium Pengujian Pusat Penelitian Limnologi - LIPI

Laboratorium Pengujian Pusat Penelitian Limnologi  - LIPI menerima pelayanan jasa analisis kualitas air, baik dari kalangan peneliti di internal Pusat Penelitian Limnologi  - LIPI maupun dari pihak luar yang memerlukan, dengan mengutamakan kepuasan kepada pelanggan. Selain keempat parameter terakreditasi, Laboratorium juga mampu menganalisis parameter kualitas air lainnya seperti TS, TSS, TDS, Sulfat, Alkalinitas, Kesadahan, Klorida, Karbondioksida, Nitrat, TN, TP, TOC dan TOM.

Hal-hal yang terkait dengan analisis kualitas air seperti jumlah minimum contoh air, pengawetan, pengemasan, dan biaya analisis dapat ditanyakan langsung ke bagian penerimaan contoh Laboratorium Pengujian Pusat Penelitian Limnologi  - LIPI  di nomor telepon 021-8757071 pesawat 1107 atau email ke info@limnologi.lipi.go.id