ILEC-LIPI Workshop Development and Use of a Knowledgebase System for ILBM Research

 


Pusat Penelitian Limnologi LIPI (P2L –LIPI) mengadakan workshop bertema Development and Use of Knowledgebase System for IBLM Research pada 9-11 Juli 2018 di P2L-LIPI. Acara ini merupakan kerjasama antara  International Lake Environment Committee (ILEC) dan LIPI yang diikuti oleh peneliti dari P2L-LIPI dan KLHK.

Pada pembukaan workshop Kepala Pusat Penelitian Limnologi-LIPI, Dr. Fauzan Ali mengatakan bahwa workshop ini  diselenggarakan sebagai bentuk komitmen kerjasama P2L-LIPI dengan ILEC, pada tahun 2016  LIPI dan ILEC telah menyelenggarakan  WLC (World Lakes Conference) di Bali. Workshop yang bertema Integrated Lake basin Management dan LAKES 2 database ini  penting bagi peneliti mengingat Puslit Limnologi-LIPI menjadi anggota Southeast Asian Limnological Network (SEAL Net) yang berperan aktif menanggapi permasalahan danau di ASEAN dan permasalahan danau di Indonesia yang  bekerjasama dengan KLHK. Selanjutnya Prof. Masahisa Nakamura mengatakan  bahwa ILEC telah bekerja sama dengan berbagai Universitas dan Instansi  di Asia terkait dengan danau, Nakamura menambahkan bahwa 90% perairan tawar adalah danau dan 10 % merupakan sungai.

Pada workshop ini peserta mendapat materi tentang Integrated Lake Basin Management  (ILBM) dan Learning Acceleration and Knowledge Enhancement System (LAKES) yang disampaikan oleh Prof. Masahisa Nakamura dan Kiyoko Takemoto. Selamat mengikuti workshop untuk semua peserta. (nidejovi)