LIPI dan CSEAS Sepakati Kerja Sama Penelitian Polusi Sampah Plastik Makro di Sungai Citarum


Cibinong, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa dan Direktur Eksekutif Yayasan Studi Inter Disiplin/ Center For Southeast Asian Studies (CSEAS), Dr. Arisman telah menyepakati kerja sama dalam Penelitian Polusi Sampah Plastic Makro di Sungai Citarum pada Jumat (15/1).

Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, Prof. Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa mengatakan kerjasama ini sangat penting bagi kedua pihak. ‘Saat ini kita mempunyai tantangan baru untuk mengurangi jumlah sampah plastik dan adanya limbah berupa APD yang juga berbahan plastik di tengah isu Covid-19 saat ini,” tuturnya.


Sementara Direktur CSEAS, Dr. Arisman berharap CSEAS dan LIPI dapat menjalin kerja sama lebih banyak lagi. “Kita berharap ke depan akan banyak lagi kerja sama terjalin dengan potensi-potensi di bidang lainnya,” ungkapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penelitian Limnologi, Dr. Fauzan Ali berharap kerjasama ini dapat berkelanjutan karena masih banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan selain masalah limbah plastik. “Program yang ada di ASEAN dapat kita kerjakan bersama-sama dengan bidang yang lebih luas,” tutup Fauzan.


Penandatanganan dilakukan secara desk to desk di kantor masing-masing pihak yakni di Sasana Widya Sarwono (SWS) Jalan Jend. Gatot Subroto 10, Jakarta (LIPI) dan Ir. H. Juanda No.50, Kota Tangerang Selatan (CSEAS).


Hadir dalam acara penandatanganan dokumen, Koordinator Kegiatan yang telah menginisiasi kerja sama sejak awal yakni Ratnawati Kusuma Jaya dari CSEAS, dan Dr. Hidayat, M.Sc. dari Pusat Penelitian Limnologi LIPI, dan undangan lainnya dari dari kedua belah pihak. (yli ed sl)